Beberapa waktu yang lalu, sebuah berita yang cukup mengejutkan datang dari sebuah situs komunitas keamanan cyber The International Council of Electronic Commerce Consultants (EC-Council) yang beralamat Eccouncil.org.

Seperti yang diberitakan salah satu subdomain situs tersebut yaitu foundation.eccouncil.org berhasil diubah tampilan lamannya atau yang lebih dikenal dengan Deface oleh salah satu team hacker Indonesia "Gantenger Crew".

Sang peretas gantenger crew berhasil meng-upload halaman deface mereka. yang hanya berisi tampilan logo gantenger dan beberapa nickname. yang diduga salah satu dari nama itu adalah orang yang melakukan peretasan itu. selain itu para peretas ini juga meng-upload hasil deface mereka ke situs zone-h.
dan inilah alamatnya:

http://foundation.eccouncil.org
http://www.zone-h.org/mirror/id/23468954

ScreenShoot LamanDeface





Meski aksi Deface ini diperkirakan tidak unsur apa-apa. yang hanya sebatas aksi belajar dan test security. namun banyak yang menilai hal ini akan memicu para peretas lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Seperti yang diketahui hal ini bukanlah yang pertama situs Eccouncil ini kebobolan. pada bulan februari 2014 yang lalu laman index situs ini pernah ditebas oleh peretas tak dikenal.dan diganti tampilannya dengan foto paspor mantan anggota NSA Edward Snowden.

berikut ScreenShootnya




Dan tak hanya itu beberapa saat kemudian situs ini mendapat serangan lagi di halaman situs lainnya.
yang kali ini sang peretas meng-upload halaman deface yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang menyindir tentang lemahnya keamanan di situs eccouncil ini.

berikut screenshootnya




Hal ini bisa dikatakan cukup ironis mengingat situs ini merupakan situs komunitas yang giat mengkampanyekan tentang pentingnya keamanan dalam dunia cyber dan mengajari tentang bagaimana seseorang belajar mendalami dunia sistem security.

Salah seorang blogger berusaha menyikapi kejadian ini. dengan memberikan sebuah  pernyataan lelucon bahwa Eccouncil sekarang ini sudah mempunyai pengalaman kepada orang lain bagaimana caranya mengamankan situs dan server agar tidak diretas oleh orang lain.

sampai saat ini domain yang menjadi target sudah diperbaiki dan dapat diakses kembali
 
Top