Serangan-serangan cyber bisa dikatakan kian hari semakin terus berkembang menjadi lebih canggih dan rumit. Selama tahun 2014 saja sejumlah rangkaian serangan terjadi dengan beberapa metode penyerangan yang sangat canggih dan beragam. ini mengingatkan kita bahwa serangan hacker akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Seperti dilansir di situs informasi InformationisBeautiful.net. Team ICN telah berhasil merangkum beberapa serangan-serangan cyber yang menghebohkan dunia selama tahun 2014.

dan berikut daftarnya :


1. ShellShock 
Shellshock atau yang lebih dikenal Bashdoor, merupakan sebuah Bug yang muncul pada bulan September lalu. Serangan Ddos juga ikut berkontibusi pada bug ini. menurut sebagian Orang serangan bug ini bisa dikatakan lebih Intens dibanding serangan bug HeartBleed yang berlangsung sebelumnya.

2. HeartBleed
HeartBleed merupakan salah satu Bug terparah yang ditemukan pada Protokol OpenSSL. Akibat adanya Bug ini, Kriptografi dari OpenSSL tidak dapat berfungsi. Akibatnya tanpa enkripsi seluruh lalu lintas internet Terjadi kebocoran data dan penyadapan Komunikasi. tentu saja hal ini menyebabkan kehebohan bagi para pemilik situs selama bulan april. dan memaksa mereka meminta para User untuk mengganti password mereka.

3. Serangan terhadap Situs EBay :
Diperkirakan ada 233 juta user Ebay yang harus terpaksa memperbaiki akun mereka. Dilaporkan, Selama bulan Februari hingga maret para hacker berhasil mendapatkan akses untuk melihat Username, Password, No telepon serta alamat para usernya. yang merupakan penyadapan data terbesar selama tahun 2014. Meski data pembayaran tetap dibiarkan utuh. para usernya diharapkan mengganti password mereka secepatnya.

4. Home Depot
Sebuah pernyataan dilontarkan oleh perusahaannya pada bulan 18 September 2014 yang menyatakan perusahaan mengalami kerugian yang parah akibat adanya serangan ini. dikabarkan 56 juta pengguna kartu kredit dan debit terkena dampak dari serangan ini. meskipun sebenarnya tidak berlaku terhadap No Pin para pengguna. sehingga tidak mengakibatkan kerugian keuangan kepada penggunanya.

5. Yahoo Email
Pada bulan Januari 2014, Penyedia layanan email, Yahoo Email mengaku telah mendapatkan sebuah serangan oleh sebuah posting  blog. Meskipun tidak disebutkan berapa akun email yang berhasil disadap. namun sebagai provider email terbesar kedua setelah gmail. yang diperkirakan mempunyai 273juta akun pengguna. tentu ini merupakan serangan yang cukup serius.

6. Gmail
Setidaknya ada 5 juta Username dan Password yang berhasil bocor di sebuah forum rusia pada bulan september lalu. Dalam Pernyataannya Gmail berusaha meyakinkan kepada para pemilik akun agar tidak terlalu khawatir dan memberi informasi adanya layanan canggih milik google yang di klaim mampu menghalau segala pembajakan dan usaha Login oleh pihak ketiga. meskipun demikian kekhawatiran tentang data-data yang telah bocor masih ada.

7. ICloud Apple di Cina
Kasus ini memang bukan yang pertama kali Great Firewall melawan Produk-produk dari amerika serikat. Serangan MITM (Man-In-The-Middle) diluncurkan guna menyerang ICloud Apple, mengenai hal ini pihak dari Greatfire.org juga telah mengkonfirmasi tentang serangan ini.

8.  JP Morgan Chase
Serangan Cyber yang serius juga di alami oleh perusahaan JP Morgan. Tak kurang ada sekitar 80 juta pemilik akun yang diberitakan berhasil diretas. dan diperkirakan nama dan alamat para pemilik akun berhasil dibocorkan oleh para peretas.


9. 4Chan Scandal Foto
Mungkin ini merupakan kasus yang paling heboh di dunia selebriti. Dimana ratusan foto bugil termasuk para selebriti berhasil dipublikasikan secara online. diketahui foto-foto tersebut berhasil diperoleh dari ICloud Apple. dan tentu saja ini membuat reaksi yang heboh dari para selebriti dan orang-orang yang menginginkan adanya perlindungan terhadap privasi mereka. Kasus ini biasa dikenal dengan sebutan "CelebGate" atau "Fappening".

10. Sony PlayStation 
Salah satu serangan DDos yang cukup besar juga di alami oleh Sony PlayStation beberapa waktu lalu oleh pihak yang mengaku dirinya sebagai The Lizard Squad. dari pihak Sony sendiri telah mengumumkan bahwa data-data Usernya masih aman dan tidak terganggu. meski demikian pihak sony sendiri mengalami kerugian akibat dampak kerusakan setelah adanya serangan tersebut.

dan berikut screen shoot dari serangan-serangan cyber yang terjadi selama 2014




namun selain daftar diatas, selama tahun 2014 juga terjadi kasus serangan serangan cyber yang cukup menghebohkan. seperti adanya serangan DDos terbesar yang dialami oleh CloudFlare dimana serangan ini cukup mengganggu para pemilik website di eropa. atau serangan lainnya yang datang dari Anonymous, Anonghost serta muslim hacker sedunia yang meluncurkan serangan terhadap situs-situs penting milik Zionist Israel, pada bulan april 2014. yang lebih dikenal sebagai Op israel Birthday 2014 sebagai bentuk protesnya terhadap konflik di Gaza.

Adadoni

 
Top