Sebuah Kabar gembira bagi pengguna internet. Versi terbaru dari Protokol, yaitu HTTP/2 saat ini sudah dirilis dan siap dijadikan standar. Versi terbaru ini termasuk yang ditunggu tunggu oleh orang orang karena dijanjikan akan membuat akses terhadap situs situs menjadi lebih aman dan lebih cepat dibanding versi sebelumnya.

Mark Nottingham, sang ketua dari Internet Enginering Task Force (IETF) yaitu sebuah lembaga yang mengatur sebuah standar protokol. mengumumkan melalui salah satu postingnya di blog bahwa HTTP 2.0 telah resmi disetujui dan siap menggantikan pendahulunya HTTP 1.1.

Perubahan Besar dalam HTTP selama 16 tahun terakhir.
Http atau HyperText Transfer Protocol adalah sebuah standar yang diciptakan oleh Sir Tim Berners-Lee, yang berfungsi sebagai pengatur akses antara browser pengguna dengan server hosting website. Http memang akrab di sebagian orang orang karena sering terlihat di awal alamat situs sebagai http//.

HTTP/2 dianggap sebagai salah satu perubahan terbesar semenjak pendahulunya HTTP 1.1 terakhir di update 16 tahun lalu yang bertugas mendukung World Wide Web. dan selain itu juga karena HTTP/2 ini menggunakan enkripsi data yang jauh lebih baik yang tentunya akan mempengaruhi seluruh browser dan situs situs yang ada saat ini.

Mengenal lebih jauh tentang HTTP/2.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penggunaan HTTP/2 ini memang menjanjikan pengalaman berselancar di dunia maya yang lebih aman dan lebih cepat dari versi sebelumnya. Hal ini dikarenakan HTTP/2 ini berdasarkan pada protocol SPDY. Sebuah protokol yang awalnya diperkenalkan oleh Google pada tahun 2009. dan saat ini sudah mulai digunakan oleh beberapa browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explore dan browser dari google sendiri yaitu Google Chrome. dan beberapa situs terkenal seperti Facebook juga sudah menggunakan SYPD ini.

SPDY memang dirancang untuk mempercepat loading halaman web. karena menggunakan "kompresi kolom Header" dan "Multiplexyng" yang membuat browser melakukan beberapa Request kepada Web server melalui koneksi tunggal. SPDY juga membutuhkan sumber daya yang sedikit ketika browser melakukan request data ke web server, sehingga dapat mengurangi beban.

Membuat internet menjadi lebih aman ?
Harap diketahui penggunaan HTTP/2 selain membuat loading menjadi lebih cepat juga membuat akses terhadap sebuah situs juga menjadi lebih aman. karena meskipun tidak menggunakan enkripsi SSL, pengunaan HTTP/2 ,membuat browser menjadi lebih mudah melakukan enkripsi pada suatu web.

Selain itu juga terdapat perubahan besar yang membuat pergantian dari protokol tekstual ke protokol biner. yang membuat komunikasi antara browser dan web server berkurang kompleksitasnya. sehingga berkurang juga celah eksploitasi untuk para hacker.




Namun dari Nottingham sendiri memperingatkan bahwa penggunaan protokol yang baru bukanlah jaminan Loading halaman Web menjadi lebih cepat dan aman.

"HTTP/2 bukanlah sebuah debu sihir yang bisa ditaburkan. sehingga anda dapat berharap loading halaman website dapat berkurang hingga 50%." tulisnya di posting blog.

"Ini lebih tepatnya sebuah protokol baru yang menghapus berbagai hambatan pada suatu kinerja. browser dan web server harus belajar dan bekerja sama untuk mengambil kesempatan itu. perbaikan kinerja harus dilakukan secara bertahap."lanjutnya.


 
Top