Setelah beberapa hari yang lalu kita berbicara tentang Memex, yaitu sebuah search Engine yang tengah dikembangkan oleh DARPA untuk mengeksplorasi situs situs yang termasuk dalam DeepWeb. 

Baca Artikel Memex disini

Namun kabarnya Memex sendiri tidak dapat dipergunakan secara bebas, yang artinya orang orang biasa tidak dapat mempergunakan tool search engine tersebut melainkan hanya institusi tertentu yang dapat menggunakannya. seperti lembaga penegakan hukum atau untuk lembaga
pemerintah lainnya.

Beberapa hari yang lalu seorang User dari Tor Talk Mailing list bernama Virgil Griffith. mengumumkan sebuah search Engine baru miliknya yang bernama Onion City. dengan adanya situs Onion city seseorang dapat mengunjungi berbagai situs situs DeepWeb melalui normal browser. seperti Chrome, IE , Firefox dan browser lainnya.

Seperti sebuah alternatif Selain memex, search engine ini juga diklaim dapat mengeksplorasi situs situs yang berada dalam jaringan tor. artinya seseorang dapat menemukan berbagai situs deep web atau situs dengan domain onion seperti anda mencari website biasa di google.

Dalam mengeksplorasi situs situs DeepWeb search engine ini menggunakan Tor2web proxy. sebuah proxy perantara web biasa dengan web di jaringan tor. jadi ketika seseorang melakukan pencarian di Onion city, mereka dapat mencari situs situs DeepWeb seperti halnya mencari web web biasa. uniknya situs situs deepweb tersebut juga tidak hanya terlihat oleh kita, ini juga dapat membuat google untuk pertama kalinya dapat mengindex situs DeepWeb tersebut.

Bahkan pencariannya pada onion city ini menggunakan Google Custom Search. sehingga apa pun yang anda temukan di onion city dapat terlihat juga ketika melakukan pencarian di google. dan Sampai saat ini ada sekitar 650.000 website yang berhasil di index oleh google melalui Onion city. 

Lihat Screen shoot menggunakan Onion City



Walaupun demikian sebuah situs deepweb masih dapat membuatnya tidak terlihat di Onion city. seperti halnya ketika situs Deepweb ini membuatnya tidak terlihat di search engine biasa. yaitu dengan cara menggunakan file.txt sederhana.

Pencarian di Onion City belum aman.
Ada hal yang perlu di ingat ketika anda melakukan pencarian di onion city. karena menggunakan browser biasa anda tidak dapat perlindungan dalam mengunjungi situs situs deepweb tersebut. bahkan anda tidak dapat berharap menghapus jejak anda ketika mengunjungi situs DeepWeb melalui Onion City.

Jika anda ingin tetap aman dan anonim pilihan terbaik tetaplah dengan menggunakan Tor browser. karena situs situs di jaringan tor hanya aman ketika seseorang mengakses melalui browser Tor, seperti hanya situs situs biasa yang aman di browser biasa.
 
Top