WhatsSpy adalah sebuah Aplikasi yang diciptakan oleh Maikel Zweerink. yang memungkinkan seseorang untuk melihat profil gambar, pengaturan privasi, pesan status, Status Online/Offline dan serta status terakhir dilihat pengguna di WhatsApp. Walaupun si pengguna telah mengatur pada pilihan privasi menjadi tidak dapat dilihat oleh orang lain.

"Anda mungkin sekarang berfikir bahwa anda dapat mengatur pada pilihan privasi menjadi 'tidak dapat dilihat oleh siapapun' adalah sebuah langkah yang aman dan bijak, namun saya masih bisa melihatnya di WhatsApp."kata Zweerink.

Baca juga : Ditemukan Bug Pada WhatsApp versi Website


Lihat Bagaimana aplikasi WhatsSpy menampilkan informasi pengguna WhatsApp dengan detail seperti sebuah Timeline 



Selain itu Aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi dari 2 akun pengguna.



Zweerink menambahkan
"Opsi privasi di WhatApp seolah olah memberikan anda kontrol penuh atas akses status anda, padahal hal itu hanya berpengaruh untuk lingkup terbatas saja. tentunya privasi 'terakhir dilihat', profil gambar, dan juga status terlihat berjalan. tetapi tidak untuk para pengguna yang seperti dimaksud (pengguna WhatsSpy). Seseorang yang memiliki kemampuan untuk melihat Status aplikasi pengguna cukup menyeramkan dan dapat disalahgunakan. ini bukanlah peretasan atau exploitasi tapi karena memang sudah rusak dari desainnya."

Untuk aplikasi ini sendiri sebenarnya telah tersedia di google playstore dan semua pengguna Android dapat mendownloadnya.

Zweerink juga memasukan intruksi untuk men-setting WhatsSpy di Raspberi Pi, Server dan Vps. yang dibutuhkan adalah akun kedua WhatsApp, Jailbroken Iphone atau Root Android atau pengetahuan PHP, Nginx atau Apache dengan PHP, PostgreSQL dan Server. dan dia menyarankan untuk menggunakan Raspberi Pi untuk alternatif yang lebih murah menjalankan server 24/7.


Bobroknya Opsi Privasi pada aplikasi WhatsApp
Awalnya Zweerink bereksperimen dengan WhatsApp yang tujuan awalnya adalah membuat sebuah bot, namun ia terkejut ketika menemukan bahwa seseorang dapat memanfaatkan fitur Online pada whatsApp untuk melacak seseorang. dan akhirnya berniat menciptakan aplikasi WhatsSpy untuk memperlihatkan betapa bobroknya opsi privasi pada WhatsApp yang sebenarnya.

Padahal diketahui tahun lalu WhatsApp mengklaim memiliki setengah miliar pengguna aktif yang mengirim 700 juta foto dan 100 juta video. dan jumlah pengguna WhatsApp telah meningkat pesat, hampir 25 juta pengguna baru setiap bulannya. dan tahun ini WhatsApp mengatakan telah memiliki 700 juta pengguna aktif bulanan yang telah mengirim lebih dari 30 miliar pesan setiap harinya.


 
Top