Kali ini mantan kontraktor NSA Edward Snowden, berbagi beberapa tips untuk melindung data-data privasi para pengguna dari aksi spionase. seperti yang di kutip dari Wall Street Journal beberapa dari tips tersebut ada yang sederhana namun ada yang rumit, tergantung dari kemampuan komputer para pengguna. seperti mengekripsi Hard Drive, menggunakan Plugin untuk browser pengguna hingga penggunaan TOR , sebuah jaringan online yang menjanjikan keamanan di dunia maya.

Mengekripsi Hard Drive Pengguna komputer
Biasanya para pengguna komputer menggunakan proteksi password untuk melindungi data-datanya. namun sebenarnya hal ini tidaklah cukup. dengan mengenkripsi seluruh hard disk pada komputernya barulah data-data pribadi anda dapat di katakan sudah aman. seperti yang kita ketahui Enkripsi adalah proses dimana pengubahan teks biasa dalam sebuah surel menjadi susunan acak hurup dan angka yang tidak dapat di baca oleh orang lain selain pemilik aslinya.

Bahkan snowden juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah AS sendiri masih menggunakan metode lama dalam pengumpulan data intelegen. sehingga bisa dikatakan dengan mengenkripsi data masih dikatakan aman, walaupun data-data pribadi milik pengguna telah di sita ataupun dicuri.

Untuk pengguna windows anda dapat menggunakan Bitlocker untuk mengenkripsi data-data pribadinya. sedangkan untuk pengguna OS MAc juga telah di sediakan tutorial untuk mengaktifkan fitur untuk mengenkripsi data.

Penggunaan Plugin Browser untuk menghindari pelacakan massal
saat ini perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan produk browser mulai menyediakan fitur-fitur anti pelacakan. .seperti google chrome yang menyediakan tombol "do-not-track" di browsernya atau juga browser bawaan windows internet explore yang akan mulai menyaring beberapa situs-situs berbahaya.

namun penggunaan plugin juga dapat meningkatkan keamanan pengguna dalam berselancar di dunia maya. beberapa Plugin terkenal yang dapat dipasang di browser pengguna diantaranya adalah Ghostery, hide my ass, zenmate dan lain-lain.

untuk search engine atau situs mesin pencari, anda dapat menggunakan DuckDuckGo yang tidak akan merekam atau membagikan aktifitas pencarian pengguna.

Menutupi jejak dengan Tor 
Jaringan ini memang cukup populer di kalangan para hacker, pengguna dapat menggunakannya untuk keamanan privasinya.bahkan tor sendiri telah mengeluarkan produk browser sendiri yang dapat terhubung dengan situs berita dan layanan chat online yang tidak mudah di lacak secara online.saat ini Tor browser telah tersedia untuk windows, Mac dan linux.

Sepintas browser dari tor ini hampir mirip browser-browser lainnya seperti Mozilla atau Google Chrome. namun ketika pengguna berselancar menggunakan browser ini akan terasa lebih lambat dari kebanyakan browser lainnya. Hal ini dikarenakan lalu lintas tor browser melalui serangkaian proxy yang dapat menutupi jejak pengguna.
 
Top