Baru-baru ini situs jejaring sosial raksasa facebook berencana akan memfasilitasi sebuah layanan, yang memungkinkan para penggunanya dapat menyimpan uang dan melakukan pengiriman uang dalam bentuk uang elektronik (E-money).

Bahkan di negara Irlandia sendiri facebook hanya membutuhkan 1 minggu lagi untuk mendapat mendapat persetujuan dari negara setempat untuk memperkenalkan layanan tersebut.dan tak hanya itu menurut FT , otorisasi dari bank sentral irlandia mengatakan untuk membuat layanan tersebut. facebook sendiri harus mengeluarkan unit nilai moneter yang tersimpan yang dapat mewakili klaim terhadap suatu perusahaan. namun tak hanya di irlandia, e-money dari facebook juga akan berlaku di seluruh eropa melalui suatu proses yang dikenal sebagai "Passporting".

Dikabarkan facebook juga telah membahas kemitraan yang potensial bersama tiga perusahaan lainnya yang juga menawarkan layanan transfer uang internasional secara online dan melalui smartphone, yaitu TransferWise, Moni Technologies dan Azimo.

Layanan E-money ini sepertinya akan mendukung langkah facebook yang akan menguasai potensi pasar-pasar di negara-negara berkembang. apalagi setelah mendengar kabar bahwa facebook di india telah memperoleh 100 juta pengguna.

selain itu raksasa internet lainnya seperti Alibaba dan Tencent juga telah lebihdulu meluncurkan layanan pembayaran mobile agar menekan penggunaan e-commerce dan mengganti dengan pembayaran tradisional yang memungkinkan pembayaran tanpa menggunakan gesekan kartu kredit.


 
Top