Berita yang mengejutkan datang dari Perusahaan Facebook.inc yang baru-baru ini mengumumkan bahwa layanan situs jejaring sosial yang terkemuka di bumi ini, kini bisa diakses melalui Layanan Tor Browser

Bagi para Pengguna internet sendiri yang ingin mengakses situs Facebook tanpa meninggalkan jejak bisa menggunakan Tor Browser dengan menggunakan alamat ini https://facebookcorewwwi.onion/.

Baca Juga : Lebih dari 80% Pengunjung Deep Web Mengakses Situs Situs Pedophilia

Ini merupakan yang pertama kalinya untuk perusahaan sekelas Facebook mendaftar dan memberikan dukungan resmi terhadap layanan anonymous yang terkenal dengan "DeepWeeb"nya ini. Padahal seperti yang kita tahu facebook selalu dikenal tegas dalam hal keaslian identitas dan foto dari para penggunanya. dan sebelumnya juga mengakses facebook melalui Tor masih terlalu riskan dan kurang aman karena kurang dukungan dimana-mana. dan sekarang Facebook sendiri menegaskan dukungannya kepada Tor karena prioritas mereka dalam menjaga privasi para penggunanya 

Menggunakan Tor browser dianggap tepat ?
Seperti dilansir BBC, sang konsultan Facebook untuk proyek ini Dr Steven Murdoch dari Universitas College mengatakan " memang sulit mengakses situs jejaring sosial dengan secara anonym, sulit untuk poin ini. kecuali jika anda hanya sekedar membaca-baca informasi saja. walaupun facebook ingin meminta nama anda. bukan berati mereka lokasi anda dan melihat aktifitas browsing anda." katanya.


Tor Browser memang diciptakan untuk berselancar di dunia maya secara anonym, karena adanya serangkaian jaringan proxy untuk mengaksesnya. dan juga merupakan salah satu gerbang untuk memasuki apa yang disebut Deep Web yang terkenal dengan situs-situs yang berisi konten-konten ilegal seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia dan lain-lain. namun diketahui penggunaan tor browser juga dapat digunakan untuk mengakses situs-situs yang tidak tersedia di wilayah tertentu.

Jadi kemungkinan alasan lainnya ialah agar facebook bisa dijangkau di wilayah-wilayah tertentu yang facebook tidak bisa diakses oleh penggunanya.




 
Top