Semenjak tahun 2012, Gmail telah tumbuh sebagai salah satu raksasa dalam hal penyedia layanan email. dengan diperkirakan ada sekitar 425juta pemilik akun yang telah menggunakan layanan email milik google ini. tidak hanya sekedar untuk layanan pesan pribadi saat ini Email merupakan bagian penting dalam menjalankan segala aktifitas yang serba online. mulai dari rekening bank, Sosial media, pekerjaan dan lain lain.

Tapi tahukah anda Gmail sendiri merupakan salah satu layanan email yang masih rentan terhadap serangan peretasan. dan jika kita berbicara masalah keamanan pada gmail sebenarnya tidak lepas dari kepedulian dari pemilik akun itu sendiri. apakah sang pemilik akun mau mengaktifkan fitur keamanan dari itu gmail sendiri atau tidak.

baca juga 10 Serangan Cyber yang Menghebohkan Selama tahun 2014

Oleh karena itu Team ICN telah merangkum beberapa tips-tips yang dapat membantu para pemilik akun dalam mengamankan akun gmailnya. dan berikut tips- tipsnya:


1. Mengaktifkan 2 langkah Verifikasi



ini merupakan tips yang sangat penting dalam hal mengamankan akun anda. Jika ada seseorang berhasil mengetahui username dan password anda. Verifikasi melalui ponsel merupakan pilihan yang terbaik. dengan adanya verifikasi tersebut, pelaku tidak dapat masuk ke akun anda kecuali dia memasukan kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel anda. 

Akan tetapi lain halnya jika si pelaku juga memiliki akses ke ponsel anda. namun anda juga dapat memberikan no ponsel anda yang lain sebagai cadangannya, hal ini dapat berguna ketika anda kehilangan akses pada ponsel utama.

2. Memantau aktifitas terkini




Dengan menggunakan fitur ini. anda dapat melihat secara langsung aktiftas login akun anda dan dari perangkat mana saja akun anda login. dan jika anda melihat adanya aktifitas yang tidak dikenal, maka anda harus segera mengganti akun password anda,


3. Periksa Setelan Google




Di pojok kanan atas anda dapat melihat icon Gear yang merupakan menu untuk melihat setelan gmail anda. segera klik dan pilih setelan. dimana terdapat beberapa pilihan setting untuk akun google anda. diharapkan anda sesering mungkin mengeceknya dan menghapalnya. agar anda bisa ada perbedaannya atau tidak dengan sebelumnya. lihat juga pada bagian tab forward jika di bagian tersebut ada tambahan alamat email yang tidak anda kenal segera hapus. karena ada kemungkinan akun anda telah diretas dan dikonfigurasi ulang agar mengirim ulang ke alamat email lain. dan jangan lupa segera ganti password.

Bisa anda bayangkan jika salah satu pesan yang masuk ke akun email anda, seperti konfirmasi reset password, rekening keuangan dan pesan sensitif lainnya juga dikirimkan ke alamat email yang tidak anda kenal. anda tentu tidak hal itu terjadi bukan. :p 


4. Meninjau Izin aplikasi.



Terkadang saat kita mendaftar pada sebuah aplikasi. kita diharuskan memberikan izin otorisasi aplikasi tersebut untuk mengakses akun gmail anda. disini anda harus berhati-hati dalam setiap pemberian izin otorisasi tersebut. anda juga dapat melihat daftar aplikasi tersebut di setelan akun google anda.




dari ke semua tips di atas ada beberapa tips lainnya yang sudah biasa di jelaskan seperti penggunaan password yang unik dan sulit ditebak dan sering-seringlah meng-update akun anda secara teratur. namun semuanya kembali lagi kepada para pemilik akun. apakah ingin mengamankan akun anda dari serangan peretasan atau tidak ?
 
Top