Situs jejaring sosial terbesar facebook dan situs berbagi foto Instagram di kabarkan sempat down hingga hampir 1 jam. insiden ini sempat menjadi Trending Topik dunia di twitter dari para pengguna facebook dan instagram dengan hastag #facebookDown. para pengguna mengeluhkan karena ke dua situs tersebut tidak bisa login baik website dektopnya maupun versi mobilenya.

Menurut data yang diambil dari downdetector.com/ , tidak hanya pengguna di amerika , kesulitan login juga dialami oleh pengguna di Asia , Australia, dan Seladia Baru. dan selama insiden tersebut Para pengguna hanya di hadapkan dengan sebuah tampilan pada facebook yang berisi pesan "Sorry, something went wrong. We're working on it and we'll get it fixed as soon as we can."

Dari pihak instagram sendiri, melalui twett yang telah dihapus. mereka menyadari adanya masalah tersebut dan segera memperbaiknya.
"kami telah menyadari adanya masalah ini, dan akan segera memperbaikinya. terimakasih atas kesabaran anda."ujarnya dalam akun resmi Instagram.

Tak hanya facebook dan instagram situs situs lainnya juga seperti aplikasi kencan Tinder , AIM, Hipchat juga di kabarkan mengalami hal yang sama. Bahkan dari para pengguna Bing juga ikut mengeluhkan situs bing juga tidak dapat diakses. namun tidak seperti facebook dan instagram yang down selama 1 jam, situs bing hanya sempat down selama sesaat saja.

Lizard Squad mengklaim facebook Down ulah mereka
Komunitas Hacker Lizard squad mengaku mereka berada dibalik insiden tersebut. grup hacker yang belakangan ini terkenal karena kasus peretasan Sony dan situs Malaysia Airlines memberikan keterangan tentang serangan cyber yang mereka lakukan melalui akun twitter resminya. hal ini bisa dilihat dari sebuah tweet mereka tentang kasus down nya facebook dengan hastag #Offline dan #Lizardsquad. 

kedua Hastag ini merupakan ciri khas mereka, ketika mereka berhasil menyerang.

"Facebook, Instagram, Tinder, AIM [AOL Instant Messenger], offline HipChat" twett mereka.

Lalu bagaimana dengan penjelasan dari facebook ??
Setelah adanya insiden tersebut dari pihak facebook sendiri sudah menyatakan beberapa kali melalui pernyataan resminya bahwa masalah ini terjadi karena adanya kesalahan dalam konfigurasi sistem mereka, dan berusaha menampik facebook down karena ulah para hacker.
"ini bukanlah hasil serangan dari pihak ketiga, sebaliknya hal ini terjadi setelah kami memasukan perubahan yang mempengaruhi konfigurasi sistem kami". katanya dalam pernyataan resmi.

Well apapun itu, sebelum munculnya pernyataan dari facebook. di kalangan para pengguna sendiri sudah banyak bermunculan spekulasi mengenai insiden ini, yang salah satunya facebook down diakibatkan serangan oleh para hacker.  



 
Top