Anomali Detection adalah sebuah tool yang diluncurkan oleh pihak twitter baru-baru ini yang berfungsi membantu administrator dalam mendeteksi lonjakan aktifitas yang diterima oleh layanan dari para User. yang artinya tool ini mampu mendeteksi adanya aktifitas spam dan bot.

Tool ini dirilis oleh pihak twitter dibawah lisensi GPLv3 di situs Githup, sehingga tool ini open source dan bisa di unduh secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkannya atau yang berniat mengembangkannya. 

Salah Seorang Insinyur juga memaparkan dalam sebuah posting dalam blognya:

"Tool ini mampu membantu kita memantau berbagai lonjakan aktifitas yang biasanya terjadi saat adanya hari libur, acara-acara penting seperti acara olahraga akbar, atau adanya berita-berita penting yang terjadi".

"AnomalyDetection bekerja melalui sebuah algoritma utama, Seasonal Hybrid ESD (SH-ESD), dan dibangun berdasarkan tes Generalized ESD untuk mendeteksi anomali atau keanehan. SH-ESD juga dapat digunakan untuk mendeteksi kedua anomali, lokal (sebagian) dan global (menyeluruh). "

Selain itu kelebihan dari tool ini yaitu mampu melacak adanya link-link berbahaya yang membawa para User ke situs-situs penuh malware. dan perlu diketahui banyak link-link yang berbahaya yang biasanya tidak diketahui oleh para user. namun dengan adanya tool ini. sang administrator dapat melacak link-link yang diperkirakan membahayakan dan sesegera untuk menyelidikinya.



 
Top