Pada Tahun lalu Pemerintah AS melalui Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) mengumumkan sebuah project untuk menciptakan sebuah Search Engine atau mesin pencari khusus untuk menjelajahi situs situs DeepWeb. yang diharapkan search engine ini cukup kuat untuk menggali informasi dan mencari situs situs deep web yang selama ini tidak terindex Google, yahoo dan search engine komersial lainnya.

Search Engine yang dinamakan Memex Deep Web Search Engine ini akan digunakan oleh pemerintah AS untuk melawan berbagai kejahatan di dunia maya.

Seperti yang kita ketahui pada situs situs Deep Web, ada banyak kegiatan kegiatan ilegal yang terjadi, seperti Pornografi anak, transaksi narkoba, perdagangan manusia dan lain lain. yang sampai saat ini jarang tersentuh hukum karena aksesnya yang sulit di lacak oleh search Engine biasa.

baca juga 

Crish White si penemu sekaligus yang mengerjakan project ini pernah berbicara mengenai cara kerja Search Engine itu dan mengatakann bahwa hal tersebut adalah sebuah revolusioner di bidang investigasi penegakan hukum.

White mengatakan bahwa kebanyakan orang orang meremehkan kapasitas internet. bahkan banyak yang memperkirakan ketika anda mengakses search engine seperti Google, Bing dan Yahoo , berati anda hanya baru mengakses 5% saja dari total keseluruhan konten yang berada di internet. ini memungkinkan si penjahat untuk memiliki ruang melakukan kejahatan.

Kepala Bagian Inovasi DARPA , Dan Kaufman. menceritakan tentang Memex Search Engine dan bagaimana software ini membuat sesuatu yang tidak terlihat menjadi terlihat.

kaufman mengatakan bahwa meskipun banyak orang orang yang menggunakan internet untuk tujuan kebaikan namun selalu saja ada parasit. ia juga mengatakan mengenai ia dan timnya sedang berusaha untuk mencegah seseorang untuk menggunakan internet terhadap kami (untuk kejahatan) dan mencoba membuat dunia menjadi lebih baik.

Search Engine Memex mulai di uji.
Untuk saat ini search Engine tersebut telah dirilis dalam versi beta. dan beberapa hari yang lalu sekelompok organisasi non-pemerintah, 2 lembaga penegak hukum, beserta 2 kantor kejaksaan mulai melakukan pengujian terhadap memex dan diberitakan untuk kelompok besar lainnya  juga akan ikut melakukan pengujian terhadap search engine tersebut beberapa minggu yang akan datang dan akan dilakukan secara bertahap.

Salah satu tujuan dari pengujian itu sendiri ditargetkan untuk menguji kemampuan search engine memex dalam melakukan pencarian gambar , agar dapat membantu para peneliti untuk menganalisi foto foto yang tersembunyi. hal ini sesuai dengan apa yang disarankan oleh Scientific American. dan yang kedua juga diharapkan dapat memberikan pengalaman user interface yang berbeda ketika melakukan sebuah eksperimen  dengan arsitektur streaming yang mengevaluasi data sensitif dan waktu.

Well bisa jadi dengan hadirnya Memex DeepWeb Search Engine ini tak hanya pemerintah AS, Pemerintah negara lainnya dapat melacak pelaku kejahatan seperti sedang menonton tv :D




 
Top