WhatsApp Web sebuah layanan aplikasi baru dari pengembang WhatsApp yang di luncurkan baru baru ini. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mensinkronkan Aplikasi Mobile dengan aplikasi dekstop melalui layanan aplikasi Messaging. bahkan menurut WhatsApp dari situs blog resminya dengan bangga mengatakan bahwa dengan aplikasi ini para pengguna serasa menggunakan aplikasi whatsApp mobile di dekstopnya.

baca juga; Temuan Vulnerabilty SQL Injection di Drupal versi 7

Meski pada awalnya aplikasi ini mendapat kritikan keras dari para aktivis privasi yang mempertanyakan masalah jaminan keamanan dan kerahasian ketika para pengguna mempergunakan aplikasi ini. hal ini didasari banyaknya kasus kebocoran data yang di sebabkan oleh jenis aplikasi sama.  dan tidak menginginkan kasus serupa di masa lalu terulang kembali.

Namun dari pihak WhatsApp sendiri berusaha meyakinkan para pengguna juga para aktifis. dengan memperkenalkan Enkripsi End to End pada WhatsApp Website,yang dapat melindungi obrolan pribadi mereka.dan karenanya pihak whatsApp menerima pujian mengenai komitmennya melindungi privasi penggunanya.

Namun benarkah demikian ?

Ditemukan Bug lain di WhatsApp Website 
Seorang Security Blogger berusia 17 tahun, Indrajeet Bhuyan. melaporkan temuannya mengenai bug pada WhatsApp di Website. Menurutnya pengaturan privasi pada aplikasi WhatsApp Website bertentangan pada pengaturan privasi pada aplikasi Web. meskipun demikian pengaturan privasi ini masih berjalan baik di aplikasi mobilenya.




Bhuyan memaparkan bahwa ada kemungkinan para pengguna WhatsApp di web masih dapat melihat photo photo yang tidak di ijinkan untuk dilihat padahal photo tersebut sudah tidak dapat terlihat di versi mobilenya. 

dijelaskan olehnya ketika seseorang mengunakan WhatsApp versi mobile lalu mengirimkan  sebuah foto kepada pengguna yang mengunakan WhatsApp versi Web dan ketika ia menghapus foto tersebut di perangkatnya mobilenya. maka si penerima yang menggunakan WhatsApp versi dekstop masih dapat melihat foto tersebut.

Masalah lainnya ada pada pengaturan visibilitas foto profil kontak. dimana ketika si pengguna WhatsApp mobile membatasi keterlihatan foto profil kontaknya, si pengguna WhatsApp versi Web masih dapat melihat foto profil tersebut.

lalu apa yang menyebabkan adanya bug tersebut ?
Menurut bhuyan hal ini biasanya terjadi karena di aplikasi mobile sering kesulitan dalam melakukan sinkronisasi dengan Aplikasi di dekstop. namun dalam kasus ini terjadi ha yang sebaliknya dimana Aplikasi di WhatsApp Web kesulitan melakukan sinkronisasi pada aplikasi berbasis mobilenya.


Tonton Videonya mengenai Masalah bug ini



Meski Aplikasi ini masih tergolong Beta, bisa dikatakan aplikasi ini masih belum siap untuk dirilis mengingat sejumlah bug yang ditemukan. hal ini memperkuat dugaan bahwa dari pihak WhatsApp terlalu terbutu-buru dan aplikasi tersebut belum sepenuhnya teruji dengan benar sebelum akhirnya di publikasikan ke media.

Selain masalah bug tersebut, diketahui aplikasi ini hanya baru kompatibel dengan Chrome saja. dan untuk para pengguna IOS Mobile diharapkan untuk bersabar, hal ini juga dikarenakan aplikasi ini masih belum bisa dinikmati di perangkat mobilenya. yang di sebabkan keterbatasan flatform dari Apple.

 
Top