Jika kita berbicara tentang virus Stuxnet maka kita akan berbicara tentang salah satu virus paling fenomenal abad ini. Apalagi setelah membuat kehebohan beberapa tahun yang lalu karena berhasil menyerang system fasilitas nuklir di iran.Bahkan virus ini rencananya akan segera di gantikan dengan virus stuxnet generasi 2 yang di klaim lebih canggih dan pintar dari generasi sebelumnya. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Link ini untuk berita mengenai Virus Stuxnet generasi2.

Seperti yang telah di ketahui bahwa virus ini mampu menginfeksi semua system yang berbasis windows. terutama targetnya menginfeksi system kontrol pengawasan dan akuisisi data (Scada) yang menjalankan software Siemens WinCC. selain itu juga virus ini mampu mengeksekusi diri pada media-media penyimpanan data seperti flaskdisk dan lain-lain. dan dengan segera menyerang file Ink pada drive yang sudah terbaca oleh operating system.

Kesuksesan exploitasi celah ini dapat dilihat pada injeksi backdoor . yaitu dengan berhasil memasukan rookit yang dapat menghapus dua file yaitu file Lnk dan file tmp.

Setelah mengetahui apa itu stuxnet. kini kami mengajak anda untuk membayangkan. Apabila virus berbahaya ini mampir di komputer kesayangan anda .

namun anda sendiri tidak perlu khawatir setelah pengembang ternama BitDefender merilis sebuah Removal Tool atau antivirus untuk menangani ancaman virus tersebut. jika anda tertarik untuk mendowload anda dapat mengunjungi tautan ini.

Removal ini sendiri dapat berjalan di dua tipe system, yaitu 32 dan 64. dan antivirus ini akan menghapus Driver rootkit dan worm.


 
Top